Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan - Hallo teman-teman pembaca Modifikasi Motor, Pada sharing kali ini yang berjudul Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan, saya telah menyediakan informasi lengkap tentang
Modifikasi Satria FU dengan lengkap tentang Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan yang ada dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan yang saya tulis ini dapat anda pahami. Okelah kalau begita kalian bisa langsung saja simak tulisan saya ini.
Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan - Modifikasi Motor
New Suzuki Satria FU150 yang belum lama ini diluncurkan Suzuki Indomobil Sales dalam kondisi standar sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk urusan performa. Namun di kalangan anak muda pengguna motor hyper underbone ini tentu tak akan puas dengan kondisi standar saja. Maka ditempuhlah modifikasi motor Satria FU 150 agar bisa berlari lebih kencang lagi. Kendaraan bebek sport yang mampu melejit hingga power 18,5 hp ini cukup mudah untuk dilakukan beberapa ubahan terutama di sektor mesin.
Selain untuk membuat motor bisa berlari lebih kencang, modifikasi motor Satria FU 150 pun akan membuat tarikan makin responsif. Dalam melakukan korek bagian mesin biasanya para tuner mengandalkan beberapa part racing aftermarket yang sudah mulai banyak dijual di pasaran. Beberapa bengkel modifikasi biasanya sudah punya patokan-patokan mengenai apa saja yang perlu diubah dan mana yang bisa dipertahankan. Modifikasi akan berbeda-beda tergantung dari tujuannya misalnya untuk keperluan balap roadrace, drag dan sebagainya.
Sebagai bahan rujukan berikut modifikasi motor Satria FU 150 untuk keperluan drag yang bisa dilakukan ubahan bagian-bagian berikut ini :
Bore Up Piston
Dilakukan bore up untuk menggenjot rasio kompresi hingga 15,2:1. Caranya piston standar diganti dengan merek LHK yang memiliki diameter 72 mm dengan dome setinggi 2,2 mm. Piston dipasang dengan patokan 0,8 mm di bawah bibir liner ketika TMA. Dengan begitu jika stroke Satria F-150 yang angkanya 48,8 mm maka akan diperoleh kapasitas mesin 198,6 cc.
Head
Agar pasokan gas Satria F 150 sesuai dengan kompresi 15,2 maka klep digunakan ukuran lebih besar yaitu mengadopsi kepunyaan Thunder 125 yang memiliki in : 25,5 mm dan ex : 23 mm. Untuk diameter batang diperkecil menjadi 4 mm dari sebelumnya 5 mm dengan begitu putaran mesin makin ringan hingga atas.
Noken As
Kem noken as ditata ulang sehingga dapat mengail gas dengan kuat menuju ruang bakar sekaligus pembuangan akan makin mulus. Durasi diatur 262° sementara ex menjadi 260°. Perlu napas panjang sehingga setiap perpindahan gigi akan terus terjaga powernya.
Kampas Kopling
Untuk mengimbangi kompresi tinggi maka kampas kopling standar harus diganti kepunyaan Suzuki Thunder 125. Kampas kopling Thunder 125 terkenal lebih pakem sehingga ketika oper gigi, tak banyak power yang hilang.
Magnet
Agar torsi tidak terlampau kuat pada putaran bawah dan juga supaya putaran mesin bisa secepatnya meningkat maka magnet bawaan diganti milik Yamaha YZ125 yang ringan. Tenaga akan tergenjot saat putaran mesin di 9.000-12.000 rpm namun tetap stabil saat start dan ban belakang tak menjadi liar.
Modifikasi Motor Satria FU 150
Selain untuk membuat motor bisa berlari lebih kencang, modifikasi motor Satria FU 150 pun akan membuat tarikan makin responsif. Dalam melakukan korek bagian mesin biasanya para tuner mengandalkan beberapa part racing aftermarket yang sudah mulai banyak dijual di pasaran. Beberapa bengkel modifikasi biasanya sudah punya patokan-patokan mengenai apa saja yang perlu diubah dan mana yang bisa dipertahankan. Modifikasi akan berbeda-beda tergantung dari tujuannya misalnya untuk keperluan balap roadrace, drag dan sebagainya.
Sebagai bahan rujukan berikut modifikasi motor Satria FU 150 untuk keperluan drag yang bisa dilakukan ubahan bagian-bagian berikut ini :
Bore Up Piston
Dilakukan bore up untuk menggenjot rasio kompresi hingga 15,2:1. Caranya piston standar diganti dengan merek LHK yang memiliki diameter 72 mm dengan dome setinggi 2,2 mm. Piston dipasang dengan patokan 0,8 mm di bawah bibir liner ketika TMA. Dengan begitu jika stroke Satria F-150 yang angkanya 48,8 mm maka akan diperoleh kapasitas mesin 198,6 cc.
Head
Agar pasokan gas Satria F 150 sesuai dengan kompresi 15,2 maka klep digunakan ukuran lebih besar yaitu mengadopsi kepunyaan Thunder 125 yang memiliki in : 25,5 mm dan ex : 23 mm. Untuk diameter batang diperkecil menjadi 4 mm dari sebelumnya 5 mm dengan begitu putaran mesin makin ringan hingga atas.
Noken As
Kem noken as ditata ulang sehingga dapat mengail gas dengan kuat menuju ruang bakar sekaligus pembuangan akan makin mulus. Durasi diatur 262° sementara ex menjadi 260°. Perlu napas panjang sehingga setiap perpindahan gigi akan terus terjaga powernya.
Kampas Kopling
Untuk mengimbangi kompresi tinggi maka kampas kopling standar harus diganti kepunyaan Suzuki Thunder 125. Kampas kopling Thunder 125 terkenal lebih pakem sehingga ketika oper gigi, tak banyak power yang hilang.
Magnet
Agar torsi tidak terlampau kuat pada putaran bawah dan juga supaya putaran mesin bisa secepatnya meningkat maka magnet bawaan diganti milik Yamaha YZ125 yang ringan. Tenaga akan tergenjot saat putaran mesin di 9.000-12.000 rpm namun tetap stabil saat start dan ban belakang tak menjadi liar.
Sekianlah Articel Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan
Demikian artikel dari kami tentang Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. Baiklah Modifikasi Motor cukup sampai disni dulu postingan saya kali ini terima kasih telah mampir.Kalian sedang membaca articel Modifikasi Motor Satria FU 150 untuk Drag, Ini Ubahan-Ubahan yang Mesti Dilakukan dan articel ini url permalink yaitu https://modifikasimotorahli.blogspot.com/2016/04/modifikasi-motor-satria-fu-150-untuk.html. Semoga artikel Modifikasi Satria FU ini bisa bermanfaat.