Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya | Modifikasi Motor

Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya

Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya - Hallo teman-teman pembaca Modifikasi Motor, Pada sharing kali ini yang berjudul Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya, saya telah menyediakan informasi lengkap tentang Tips Satria FU dengan lengkap tentang Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya yang ada dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya yang saya tulis ini dapat anda pahami. Okelah kalau begita kalian bisa langsung saja simak tulisan saya ini.

HOME

,

Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya - Modifikasi Motor

Setelah saya sebelumnya membahas mengenai Harga Satria FU, kali ini saya akan membahas mengenai mesin motor satria fu yang cepat panas.
Motor Satria Fu
Motor Satria Fu
Masalah mesin motor satria fu yang cepat panas sebenarnya saya alami sendiri ketika baru pertama kali membeli motor Satria FU. Tanpa basa basi lagi saya langsung nyalakan motor dan saya bawa jalan jalan keliling kampung, tapi baru sekitar 1 km saja hawa panas mesin satria fu sangat terasa.

Buat agan rider Satria FU yang baru pake FU, apalagi yang sebelumnya hanya pake motor bebek < 150 CC jangan merasa aneh ataupun kawatir dengan panas mesin FU. Nah, kali ini saya juga akan memberikan sedikit tips mengenai cara mengatasi mesin satria fu cepat panas.

Satria FU menggunakan sistem pendingin SACS yang memang hanya bergantung pada aliran udara yang masuk dari sela sela oil cooler, aliran udara inilah yang kemudian digunakan buat mendinginkan oli yang disirkulasi di jalur sirkulasi oil cooler. Maka dari itu wajar kalau dibawa jalan pelan – pelan ataupun macet angin sirkulasinya sedikit alias kurang, itu yang berdampak mesin menjadi lebih cepat panas.

Meskipun sejak saya membeli motor satria fu sampai sekarang belum pernah mengalami overheat, namun sengatan hawa panas sangat menganggu kenyamanan berkendara, terutama pada bagian kaki. Karena banyak sekali yang mengeluh tentang hal ini maka saya kali ini akan membagikan tips mengatasi mesin cepat panas satria fu.

Cara Mengatasi Mesin Satria FU Cepat Panas


Selalu Jaga Kualitas & Kuantitas Oli Mesin 
Oli Satria FU
Oli Satria FU
Selain menjadi pelumas mesin, oli juga berfungsi sebagai pendingin yang bekerja menyerap dan mentransfer panas dari dalam mesin.

Penggunaan Oli Satria FU yang saya anjurkan adalah oli tipe semi sintetik atau full sintetik (Jika Kantong anda mencukupi), dengan SAE 10w-40 lebih encer. Kelebihannya adalah pada suhu dingin, misalnya pada pagi hari, Oli ini akan lebih mudah/lebih cepat bersirkulasi dan pada suhu panas oli ini juga tidak mudah mengental, jadi tetap murah bersirkulasi mentransfer panas mesin dan menjangkau celah sempit dalam mesin.

Untuk menjaga kualitas Oli, maka gantilah Oli dan filter oli secara berkala dan teratur sesuai anjuran. Setiap merk tentu berbeda – beda, namun biasanya untuk oli semi sintetik jangka ganti olinya adalah 2500km.

Ganti juga filter oli setiap 3 kali pergantian Oli, karena filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran yang larut dalam oli.

Mengenai Kuantitas Oli, selalu cek takaran oli di dalam mesin, caranya intip kaca di bawah selahan motor/Kick starter, karena oli encer 10w-40 memang mudah menguap jika dibandingkan dengan tipe 20w-50. Siapkan juga oli cadangan untuk antisipasi jika terjadi volume oli berkurang/dibawah batas garis tengah.

Rawat Kondisi Air Cooler 
Air Cooler Satria FU
Pendingin Satria FU
Sirip air cooler yang bengkok, atau penuh dengan kotoran akan mengurangi kemampuan untuk pendinginan. Sirip air cooler memang mudah penyok dan bengkok, untuk mengurangi resiko penyok anda dapat menggunakan cover air cooler.

Jaga Kondisi Kebersihan Mesin 
Mesin Satria FU
Mesin Satria FU
Anda perlu menjaga keberihan mesin, terutama pada blok mesin dan siripnya, karena fungsinya cukup penting untuk melepaskan panas dari mesin keluar. Kotoran, debu ataupun lupur dan kerak yang menempel pada bagian blok mesin dan sirip dapat menghambat proses pendinginan mesin.

Gunakan Aksesoris Pendingin 
Pendingin Satria FU
Pendingin Satria FU
Ada beberapa aksesoris yang dapat anda pasang untuk membantu mendinginkan suhu mesin bila diperlukan, misalnya kipas tambahan yang di pasang di oil cooler untuk membantu mendinginkan oli atau menggunakan selang hawa tambahan yang dipasang pada bagian lubang pengisian oli dan lubang intip magnet untuk membantu membuang hawa panas dari dalam ke luar (Ini hanya bila diperlukan saja).

Nah, itulah beberapa tips mengatasi motor satria fu yang cepat panas, semoga artikel ini bermanfaat pencinta satria fu. Mungkin anda ingin membaca: Harga Motor Satria FU Terbaru.

Sekianlah Articel Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya

Demikian artikel dari kami tentang Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. Baiklah Modifikasi Motor cukup sampai disni dulu postingan saya kali ini terima kasih telah mampir.

Kalian sedang membaca articel Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya dan articel ini url permalink yaitu http://modifikasimotorahli.blogspot.com/2016/01/mesin-satria-fu-cepat-panas-berikut-ini.html. Semoga artikel Tips Satria FU ini bisa bermanfaat.
Mesin Satria FU Cepat Panas: Berikut Ini Adalah Cara Mengatasinya