Setingan Motor Satria FU Drag Juara - Hallo teman-teman pembaca Modifikasi Motor, Pada sharing kali ini yang berjudul Setingan Motor Satria FU Drag Juara, saya telah menyediakan informasi lengkap tentang
Satria FU Drag dengan lengkap tentang Setingan Motor Satria FU Drag Juara yang ada dari awal sampai akhir. mudah-mudahan isi postingan Setingan Motor Satria FU Drag Juara yang saya tulis ini dapat anda pahami. Okelah kalau begita kalian bisa langsung saja simak tulisan saya ini.
Setingan Motor Satria FU Drag Juara - Modifikasi Motor
Motor Satria FU 150 memang dikeluarkan untuk memuaskan hasrat balap para pengendaranya. Kendaraan roda dua hyper underbone ini dalam kondisi mesin standar saja sudah menjadi yang terunggul di kelasnya. Itu pun berlaku pula di ajang balap baik road race maupun drag. Khusus untuk balap drag, Suzuki Satria FU 150 memiliki karakter mesin yang gampang untuk dikorek. Balap drag sendiri memanfaatkan lintasan pendek hanya 201 m atau kadang ada juga yang 402 m. Dalam balap drag semua jenis motor boleh turun mulai dari bebek, sport hingga skutik.

Suzuki Satria FU banyak dijadikan andalan para pembalap yang terjun di arena balap lurus ini. Para pembalap bebas melakukan beberapa ubahan agar motor tunggangan mereka menjadi yang terkencang. Sebelum terjun, joki yang mengendarai Suzuki Satria FU pun perlu mempersiapkan kendaraannya dengan cara dimodif. Biasanya setiap mekanik memiliki rahasia korekan mesinnya masing-masing namun secara umum tetap sama.
Racikan korek motor Satria FU drag mengambil data dari ajang balap bisa dilakukan ubahan sebagai berikut :
- Klep
Suzuki Satria FU sebenarnya sudah memiliki diameter klep yang terhitung besar untuk mesin DOHC yaitu 22 mm untuk in dan 19 mm untuk ex. Dengan begitu ubahan diameter motor Satria FU drag ini dibuat tak kelewat ekstrim. Untuk diameter in dibuat 25 mm dan ex dibuat diameter 22 mm.
- Bore up
Untuk mencapai volume piston 200 cc maka bore up harus dilakukan menggunakan silinder ukuran 72 mm dari tipe racing yang memiliki bentuk menonjol. Nilai Stroke tetap menggunakan ukuran standar yaitu 48,8 mm dengan stang piston diganti milik Honda Tiger yang dipercaya lebih kuat. Rasio kompresi yang dihasilkan mencapai 14,2 : 1 dengan bahan bakar menggunakan bensol.
- Karburator
Untuk kelas drag biasanya karbu harus menggunakan standar. Namun diperbolehkan mengubahnya dengan cara direamer untuk mendapatkan diameter venturi 30 mm.
- Pengapian
Racikan korek motor Satria FU drag untuk pengapian yaitu mengganti CDI bawaan dengan produk CDi racing yang bisa disetting (programmable). Mapping tertinggi timing pengapian dibuat 40 derajat sebelum TMA di 6.000-9.000 rpm.
- Rasio transmisi
Ubahan rasio transmisi 6 kecepatan Satria FU menganut perbandingan sebagai berikut. Untuk gigi 3 dan gigi 4 tak diubah sama sekali. Sementara gigi 1 diset dengan perbandingan 15/32, gigi 2 diset 15/24, gigi 5 diset 22/23 dan gigi 6 diset 23/22. Menggunakan ramuan tadi maka performa Satria FU cukup terjaga tenaganya dari putaran bawah hingga putaran atas.
- Final gear
Balap drag membutuhkan kecepatan penuh di awal sehingga perbandingan gir digunakan 12 mata untuk gir depan dan 41 mata untuk gir belakang.
- Ban dan pelek
Motor Satria FU drag harus dikondisikan memiliki bobot yang ringan sehingga harus pula melakukan penggantian pelek dan ukuran ban. Untuk pelek gunakan model jari-jari yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran ban. Untuk ban depan gunakan ukuran 60/80 sementara untuk belakang gunakan ukuran 70/80.
Suzuki Satria FU banyak dijadikan andalan para pembalap yang terjun di arena balap lurus ini. Para pembalap bebas melakukan beberapa ubahan agar motor tunggangan mereka menjadi yang terkencang. Sebelum terjun, joki yang mengendarai Suzuki Satria FU pun perlu mempersiapkan kendaraannya dengan cara dimodif. Biasanya setiap mekanik memiliki rahasia korekan mesinnya masing-masing namun secara umum tetap sama.
Racikan korek motor Satria FU drag mengambil data dari ajang balap bisa dilakukan ubahan sebagai berikut :
- Klep
Suzuki Satria FU sebenarnya sudah memiliki diameter klep yang terhitung besar untuk mesin DOHC yaitu 22 mm untuk in dan 19 mm untuk ex. Dengan begitu ubahan diameter motor Satria FU drag ini dibuat tak kelewat ekstrim. Untuk diameter in dibuat 25 mm dan ex dibuat diameter 22 mm.
- Bore up
Untuk mencapai volume piston 200 cc maka bore up harus dilakukan menggunakan silinder ukuran 72 mm dari tipe racing yang memiliki bentuk menonjol. Nilai Stroke tetap menggunakan ukuran standar yaitu 48,8 mm dengan stang piston diganti milik Honda Tiger yang dipercaya lebih kuat. Rasio kompresi yang dihasilkan mencapai 14,2 : 1 dengan bahan bakar menggunakan bensol.
- Karburator
Untuk kelas drag biasanya karbu harus menggunakan standar. Namun diperbolehkan mengubahnya dengan cara direamer untuk mendapatkan diameter venturi 30 mm.
- Pengapian
Racikan korek motor Satria FU drag untuk pengapian yaitu mengganti CDI bawaan dengan produk CDi racing yang bisa disetting (programmable). Mapping tertinggi timing pengapian dibuat 40 derajat sebelum TMA di 6.000-9.000 rpm.
- Rasio transmisi
Ubahan rasio transmisi 6 kecepatan Satria FU menganut perbandingan sebagai berikut. Untuk gigi 3 dan gigi 4 tak diubah sama sekali. Sementara gigi 1 diset dengan perbandingan 15/32, gigi 2 diset 15/24, gigi 5 diset 22/23 dan gigi 6 diset 23/22. Menggunakan ramuan tadi maka performa Satria FU cukup terjaga tenaganya dari putaran bawah hingga putaran atas.
- Final gear
Balap drag membutuhkan kecepatan penuh di awal sehingga perbandingan gir digunakan 12 mata untuk gir depan dan 41 mata untuk gir belakang.
- Ban dan pelek
Motor Satria FU drag harus dikondisikan memiliki bobot yang ringan sehingga harus pula melakukan penggantian pelek dan ukuran ban. Untuk pelek gunakan model jari-jari yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran ban. Untuk ban depan gunakan ukuran 60/80 sementara untuk belakang gunakan ukuran 70/80.
Sekianlah Articel Setingan Motor Satria FU Drag Juara
Demikian artikel dari kami tentang Setingan Motor Satria FU Drag Juara, mudah-mudahan bisa memberi informasi dan manfaat untuk anda semua. Baiklah Modifikasi Motor cukup sampai disni dulu postingan saya kali ini terima kasih telah mampir.Kalian sedang membaca articel Setingan Motor Satria FU Drag Juara dan articel ini url permalink yaitu http://modifikasimotorahli.blogspot.com/2016/04/setingan-motor-satria-fu-drag-juara.html. Semoga artikel Satria FU Drag ini bisa bermanfaat.